Efektifitas Pelaksanaan Kelas Stunting Terhadap Penambahan Tinggi Badan Balita

Authors

  • Artathi Eka Suryandari STIKes Bina Cipta Husada Purwokerto
  • Wiji Oktanasari STIKes Bina Cipta Husada Purwokerto
  • Beby Yohana Okta Ayuningtyas STIKes Bina Cipta Husada Purwokerto

Keywords:

kelas stunting, tinggi badan, balita

Abstract

Stunting adalah kondisi gagal tumbuh pada anak akibat dari kekurangan gizi kronis yang terjadi sejak bayi dalam kandungan sampai usia 2 tahun sehingga anak terlalu pendek untuk usianya. Salah satu cara pencegahan dan penanganan stunting dilaksanakan dengan kelas stunting yaitu kegiatan terencana sesuai kebutuhan untuk membahas materi tentang pemenuhan gizi balita secara diskusi dalam kelompok dan tukar pengalaman antara ibu, yang difasilitasi petugas kesehatan. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui efektifitas pelaksanaan kelas stunting terhadap penambahan tinggi badan Balita. Penelitian ini bersifat pre eksperimen dengan desain the one group pre test  and post test design. Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 69 Balita dengan stunting di wilayah kerja Puskesmas Kebasen. Hasil penelitian didapatkan mayoritas Balita stunting berjenis kelamin laki-laki (39 anak),  hasil pengukuran Tinggi Badan/ Umur didapatkan bahwa balita dengan kategori pendek lebih banyak (36 balita), jumlah balita dengan status gizi sangat kurus adalah 1 (satu) orang, kaaterogi kurus dan gemuk masing-masing 2 (dua) orang dan 64 orang balita memiliki status gizi normal. Hasil analisis dengan paired t-test di atas didapatkan hasil bahwa ρ value 0,000. Karena ρ value < α = 0,05, maka hipotesis diterima artinya pelaksanaan kelas stunting efektif terhadap penambahan tinggi badan balita

Downloads

Published

13-01-2020

How to Cite

Suryandari, A. E., Oktanasari, W., & Ayuningtyas, B. Y. O. (2020). Efektifitas Pelaksanaan Kelas Stunting Terhadap Penambahan Tinggi Badan Balita. Jurnal Bina Cipta Husada: Jurnal Kesehatan Dan Science, 16(1), 32–42. Retrieved from http://jurnal.stikesbch.ac.id/index.php/jurnal/article/view/4