Kepuasan Pasien Terhadap Pelayanan Informasi Obat Di Klinik Kecantikan Wilayah Kabupaten Banyumas

Authors

  • Esti Febri Fatwami STIKes Bina Cipta Husada Purwokerto

Keywords:

Kepuasan pasien, Pelayanan informasi obat, Klinik kecantikan

Abstract

Pelayanan kesehatan akan bermutu apabila dalam pelayanannya memiliki standar etika manajemen yang tinggi dan kualitas pelayanan yang bermutu. Pelayanan informasi obat tidak hanya dibutuhkan pada pelayanan kesehatan umum namun diperlukan pada pelayanan kesehatan estetik seperti di klinik kecantikan. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan observasional. Penelitian dilakukan selama 2 (dua) bulan di klinik kecantikan wilayah Kabupaten Banyumas. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah dengan kuesioner serta menggunakan metode accidental sampling pada pengambilan sampel. Hasil penelitian yang di dapatkan dari nilai Customer Satisfaction Index (CSI) menunjukkan pasien merasa cukup puas dengan pelayanan informasi obat di klinik kecantikan Wilayah Kabupaten Banyumas dengan nilai CSI 0,65. Pengukuran yang digunakan pada kuesioner adalah dengan skala likert dan menggunakan 5 determinan kualitas jasa yaitu: keandalan (realibility), keresponsifan (responsiveness), keyakinan (assurance), empati (emphaty), dan berwujud (tangibles). Menurut olah data kuesioner yang diberikan pasien hanya merasa cukup puas pada dimensi ketanggapan yang memuat pertanyaan tentang informasi obat yang seharusnya diberikan secara rinci dan pasien menilai cukup puas pada dimensi empati yang memuat pertanyaan mengenai kepedulian apoteker dalam keluhan pasien.

Downloads

Published

26-07-2022

How to Cite

Fatwami, E. F. (2022). Kepuasan Pasien Terhadap Pelayanan Informasi Obat Di Klinik Kecantikan Wilayah Kabupaten Banyumas. Jurnal Bina Cipta Husada: Jurnal Kesehatan Dan Science, 18(2), 131–142. Retrieved from http://jurnal.stikesbch.ac.id/index.php/jurnal/article/view/78